Pelatihan untuk Pelatih Literasi Keuangan dan Bisnis Peternak Sapi Perah

Pelatihan untuk Pelatih Literasi Keuangan dan Bisnis Peternak Sapi Perah

Berdasarkan hasil penilaian cepat Yayasan Rumah Energi (YRE) di beberapa koperasi, ditemukan permasalahan terkait keterbatasan kapasitas koperasi dalam pendampingan untuk pengelolaan bisnis dan keuangan di tingkat peternak. Selain itu, para peternak juga mengalami masalah yang sama yakni terbatasnya pengetahuan dan kapasitas dalam pengelolaan bisnis dan keuangan. Atas dasar itu, guna memberikan peningkatan kapasitas kepada koperasi dan peternak, perlu dilakukan rangkaian kegiatan pelatihan, penyuluhan, dan pendampingan berkenaan dengan aspek pengelolaan sumber daya manusia. 

YRE melalui program Local Milk Sourcing (LMS) menyelenggarakan kegiatan Training of Trainer (ToT) Pengelolaan Keuangan dan Bisnis bagi Peternak. Kegiatan ToT tersebut dilaksanakan pada tanggal 18-22 Juni 2024 di Malang, Jawa Timur. Peserta ToT ini merupakan perwakilan koperasi KAN Jabung, Rukun Santosa, Setia Kawan, dan peserta dari pendamping lokal.

Pelatihan untuk Pelatih Literasi Keuangan dan Bisnis Peternak Sapi Perah

Kegiatan ToT diikuti secara aktif oleh peserta terutama dalam sesi demo yang diberikan oleh fasilitator dan sesi micro-teaching. Peserta berkesempatan mencoba praktik secara langsung memberikan materi pengelolaan keuangan dan bisnis. Alumni dari ToT ini nantinya akan berkolaborasi dengan YRE dan pendamping lokal untuk mendampingi peternak menerapkan pengelolaan keuangan dan bisnis. Harapannya, melalui ToT ini mulai terbangun kesadaran dan perubahan perilaku terutama pada peternak untuk dalam hal pengelolaan keuangan dan bisnis mereka.  

26 Juni 2024