Selamat Hari Koperasi Indonesia

Selamat Hari Koperasi Indonesia

Tanggal 12 Juli diperingati sebagai Hari Koperasi Indonesia, bertepatan dengan sejarah Kongres pertama pergerakan koperasi di Indonesia tahun 1947. Dalam perjalanannya, koperasi saat ini tak sebatas memberikan pelayanan untuk membantu masyarakat meningkatkan perekonomian, tapi juga turut berkontribusi dalam program-program pembiayaan untuk perubahan iklim dan transisi energi. Salah satu contoh praktik baik adalah pembiayaan untuk pembangunan instalasi energi terbarukan biogas. Seperti kita ketahui, kotoran sapi mengandung gas metana yang berdampak pada pemanasan global. Dengan biogas, gas metana pada kotoran sapi ditangkap dan diubah menjadi bahan baku untuk memasak.

Berangkat dari pengalaman Indonesia Domestic Biogas Program atau Program Biogas Rumah (BIRU), Yayasan Rumah Energi (YRE) sejak 2023 mengembangkan program Koperasi Hijau yang bertujuan mendorong koperasi menjadi agen perubahan dalam mitigasi dan adaptasi perubahan iklim. YRE didukung oleh ClimateWorks Foundation telah melaksanakan rangkaian kegiatan forum diskusi dan lokakarya, serta meluncurkan dua buah buku: 1) Analisis Kebijakan Pembiayaan Iklim untuk Koperasi dalam Mendukung Program Mitigasi Perubahan Iklim; 2) Pedoman Operasional untuk Koperasi dalam Aksi Mitigasi Perubahan Iklim di Indonesia. Kedua buku tersebut telah diserah terimakan kepada Kementerian Koperasi dan UKM.

Pedoman-Operasional-Koperasi-untuk-Pembiayaan-Perubahan-Iklim

Selain mitigasi, program Koperasi Hijau juga menyoroti upaya adaptasi iklim. Melalui proyek Green Cooperative Adaptation Readiness (GENCAR), YRE dengan dukungan Lien Aid memberikan pelatihan dan pendampingan secara intensif kepada empat koperasi di Jawa Tengah. Proyek ini juga membagikan wawasan tentang perubahan iklim melalui rangkaian pelatihan yang diselenggarakan secara hybrid dengan melibatkan 24 koperasi, 11 instansi pemerintah, 5 lembaga donor, dan 3 organisasi masyarakat sipil. Sebanyak 52 orang terlibat secara aktif dalam rangkaian pelatihan tersebut.

Di Hari Koperasi Indonesia ini, YRE berharap program Koperasi Hijau dapat berkontribusi lebih luas dan signifikan untuk memberdayakan koperasi dalam upaya mitigasi dan adaptasi perubahan iklim.

day-1-1

Ditulis oleh: Fauzan Ramadhan 

Disunting oleh: Fauzan Ramadhan 

12 Juli 2024