Pelatihan untuk Pelatih Praktik Peternakan Sapi Perah yang Baik bagi Koperasi Rukun Santoso di Jawa Timur

Pelatihan untuk Pelatih Praktik Peternakan Sapi Perah yang Baik bagi Koperasi Rukun Santoso di Jawa Timur

Kegiatan Pelatihan Praktik Peternakan Sapi Perah yang Baik atau Good Dairy Farming Practices (GDFP) dilaksanakan selama tiga hari di Kediri, Jawa Timur, tepatnya di rumah Bapak Wahono seorang peternak sapi perah anggota dari Koperasi Rukun Santoso.  

Sebelum pelaksanaan pelatihan, terlebih dahulu dilakukan pemetaan kebutuhan dan potensi di lapangan. Jika pada seri pelatihan sebelumnya peserta mendapat pembelajaran tentang teknologi energi terbarukan biogas dan tata kelola keuangan, pada kegiatan pelatihan ini berfokus pada pemeliharaan ternak sapi yang baik dan benar termasuk diantaranya terkait manajemen pakan, penanganan susu yang baik, kesehatan hewan, dan insemenasi buatan. YRE melibatkan tiga ahli dari UGM dan IPB sebagai narasumber pada pelaksanaan pelatiha GDFP ini yaitu Dr. Joko Susilo, drh., M. Si, dan Dr. Ir. Afton Atabany M.Si yang didampingi oleh Gatot Muslim, S.Pt, M.Si.  

Pada pelatihan ini peserta tidak hanya diberikan pengetahuan secara teori, tapi juga dilakukan kunjungan langsung ke kandang sapi peternak. Kunjungan tersebut dilakukan agar materi yang diberikan tetap relevan dengan masalah di lapangan, tidak terlalu abstrak. Kunjungan juga dilakukan oleh tim YRE bersama Dr. Joko ke kandang peternak setiap kegiatan pelatihan selesai dilaksanakan untuk melakukan pengecekan terhadap sapi-sapi, terutama berkaitan dengan masalah reproduksi yang selalu muncul dalam pembahasan saat pelatihan.  

Pelatihan GDFP ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas peternak dalam praktik peternakan sapi perah yang baik, sehingga berdampak pada meningkatnya produksi dan kualitas susu sapi yang dihasilkan. 

Ditulis oleh: Muhammad Ilham 

Disunting oleh: Fauzan Ramadhan 

22 Juli 2024