Berbagi Energi di Rapat Anggota Tahunan (RAT) Nasional INKOPDIT

Berbagi Energi di Rapat Anggota Tahunan (RAT) Nasional INKOPDIT

Manajer Proyek Green Cooperative Adaptation Readiness (GENCAR), Anggoro Bren Wiratsongko berkesempatan untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman di rangkaian acara RAT Nasional INKOPDIT pada Juni lalu. Acara yang dilaksanakan di Pontianak, Kalimantan Barat ini membawa temaRetrospeksi, Reorientasi, dan Restorasi Gerakkan Koperasi Kredit (GKK)”.

Pada kesempatan tersebut Bren menjadi pembicara untuk Breakout Seminar dengan sub tema “SDGs – Environment & Climate Action”. Ia menjelaskan bagaimana koperasi memiliki potensi untuk turut berkontribusi menjadi agen perubahan dalam memobilisasi pembiayaan mitigasi dan adaptasi perubahan iklim melalui program Koperasi Hijau yang diimplementasikan oleh YRE. Lebih lanjut, Bren mengidentifikasi risiko akibat perubahan iklim bagi lembaga dan anggota koperasi, serta bagaimana teknologi tepat guna seperti energi terbarukan dapat menjadi solusi alternatif. 

Sementara itu, Ona Lantara perwakilan CV Riski Abadi yang merupakan mitra YRE juga berkesempatan memberikan sosialisasi tentang teknologi energi terbarukan biogas rumah (BIRU). Bu Ona membagikan pengalaman bagaimana manfaat biogas bagi masyarakat di akar rumput. Ia juga bercerita bagaimana mengembangkan jejaring dengan koperasi menjadi kunci untuk pembangunan biogas di berbagai wilayah.  

Ditulis oleh: Fauzan Ramadhan 

Disunting oleh: Fauzan Ramadhan 

23 Juli 2024